Wah! e-KTP yang Masa Berlakunya Habis Tak Perlu Aktivasi Lagi

JAKARTA, (PR).-Masyarakat yang sejak lama sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP pasti ada keterangan tanggal masa berlakunya. Kadang, tanggal ini membuat bingung, jangan-jangan perlu ada pembaharuan atau aktivasi ulang jika masa berlaku sudah habis.

 

Dirjen Kependuduksn dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh memberi penjelasan atas tanda tanya ini. Dia menegaskan masyarakat tidak perlu melakukan aktivasi ulang karena e-KTP ini masih berlaku dan aktif. Soalnya, saat menerima e-KTP, yang bersangkutan sebenarnya sudah melakukan aktivasi. Sebelumnya, cara cek garuda miles dulu untuk menemukan kartu garuda miles jika kamu lupa nomor garudamiles kamu juga.

 

Menurut Zudan, hal yang diperlukan saat ini justru memastikan agar aplikasi pendeteksi e-KTP di tempat-tempat pelayanan di kabupaten/kota sampai kecamatan serta tempat-tempat pelayanan publik lainnya, sudah diperbaharui. Aplikasi itu harusnya sudah di-update ke versi terbaru. Versi terbaru ini, aplikasi e-KTP Versi 5. Aplikasi terbaru ini dapat membaca e-KTP yang ada masa berlakunya maupun yang berlaku seumur hidup.

 

Aktivasi, kata Zudan, tetap diperlukan bagi pemilik e-KTP yang belum diaktivasi. Aktivasi ini antara lain untuk memastikan beberapa hal. Wait! sebelum membaca selanjutnya, kami punya artikel tentang cara cek masa aktif kartu xl, dan juga tak ketinggalan cara cek masa aktif kartu im3, kemudian ada cara cek masa aktif simpati, dan terakhir cara cek masa aktif kartu smartfren dan masa aktif kuota smartfren.

 

Pertama, sidik jari penduduk sesuai dengan e-KTP yang di pegangnya.  Kedua, untuk menginventarisasi nomor UID pada chip e-KTP yang dipegang oleh penduduk. Ketiga, untuk memastikan apakah data dalam dalam chip telah tersimpan dan dapat dibaca dengan baik.

 

Dengan demikian, kata Zudan, nantinya akan dapat diketahui e-KTP mana saja yang sudah tercetak dan sudah pasti dipegang oleh penduduknya.

 

Jika ada informasi atau pemberitaan soal perlunya aktivasi KTP yang sudah habis masa berlakunya, Zudan menegaskan, informasi itu tidak benar. Informasi itu dipastikannya bukan berasal dari dukcapil atau bukan dari kementerian dalam negeri.

 

Berlaku seumur hidup

Sesuai amanat Pasal 101 huruf c, UU 24/2013 tentang Adminduk, Zudan menjelaskan lagi, e-KTP yang sudah diterbitkan sebelum undang-undang tersebut ditetapkan, berlaku seumur hidup.

 

Jika dibutuhkan, Zudan membagikan call center Dukcapil: 1500537. Call center ini disiapkan bagi masyarakat yang menjumpai masalah dalam pelayanan administrasi kependudukan termasuk masalah e-KTP.

 

"Kita terus-menerus dalam berbagai kesempatan, menyosialisasikan hal ini kepada jajaran dukcapil di seluruh Indonesia. Saat Rakornas Dukcapil tanggal 18-19 Mei 2017 nanti di Gorontalo, kita akan tekankan lagi secara khusus," kata Zudan.

 

Dalam beberapa kali kesempatan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebenarnya sudah menegaskan e-KTP berlaku seumur hidup. Sehingga masyarakat yang sudah memiliki e-KTP tidak perlu melakukan perpanjangan. Setooopp!! Kami punya sesuatu tentang cara cek tarif gojek, lalu ada juga cara cek ongkir jne, kemudian ada cara cek tarif uber, dan cara cek tarif grab yang akan membantu kamu menemukan informasi tarif sebelum memesan. 

 

Dia menjelaskan, dalam e-KTP yang terbaru saat ini memang ada masa berlaku yang tertulis berlaku seumur hidup. Sedangkan e-KTP sebelumnya, masih mencantumkan tanggal masa berlaku tertentu. Namun, e-KTP yang sudah habis masa berlakunya pun, kata Tjahjo, masih sah, aktif, dan tetap berlaku.

 

Surat Edaran Mendagri juga sudah dikeluarkan. Dalam surat edaran itu, Tjahjo menegaskan sekaligus menjawab keraguan sebagian pihak terkait masa akhir berlaku e-KTP yang tertera pada kartu.***